Tips Menulis

Apa saja sih Tips Menulis?

Kalau ditanya tips untuk bisa menulis itu apa...saya jawabnya ya MENULIS.
Ya menulis saja...tuliskan apa saja yang terlintas di pikiran. Tuangkan dengan menulis.
Kalau pertanyaannya lebih spesifik, bagaimana caranya menghasilkan sebuah TULISAN yang bagus dan menarik...heeem jujur saya juga masih banyak belajar untuk bisa menghasilkan tulisan yang bagus dan menarik.

Kalau versi saya sih...menulis itu perlu pakai hati. Ketika kita menaruh hati di tulisan kita,saya rasa apa yang ingin kita sampaikan ke pembaca melalui tulisan pasti akan sampai juga. Terus..pake gaya sendiri :) Menulis dengan gaya yang membuat kita nyaman akan memudahkan kita memuntahkan ide-ide yang sudah "ngendon" di kepala. Lalu saya membebaskan diri untuk menulis tanpa takut persoalan baku ejaan EYD dan ketentuan-ketentuan baku lainnya. Bebas merdeka...hehe
Terus menulis...menulis...dan menulis ;)

Nah, kalau tulisannya mau dikirim ke media, barulah saya memperhatikan betul ketentuan yang telah ditetapkan media tersebut..termasuk etika baku penulisan, ejaan, tanda baca, dan lain-lain supaya bisa diterima dengan manis di media tersebut. Bagaimanapun juga, sebagai penulis kita juga perlu menjadi penulis yang baik dan beretika di ranah pergaulan dunia kepenulisan. Sama saja dengan berkomunitas. Yang bebas luas merdeka itu adalah ide tulisannya. Cara penulisannya yang perlu kita kemas baik-baik dan apik.

Tapi intinya...kalau ingin jadi penulis, maka menulislah. Menulis apa saja. Menulis yang kita sukai... Menulis yang kita lihat dan kita alami.
Untuk menjadi BAGUS...ya praktek terus...practice makes perfect. 
Lama-lama tangan kita akan lebih luwes menulis. Kita akan semakin paham teknik menulis yang paling pas buat kita. Kita akan semakin tertarik untuk terus menantang diri kita menghasilkan tulisan yang lebih baik dan lebih baik.

So, have a good time in writing!
-ndil-

Komentar

Postingan Populer